Cara Membuat Akuarium Air Laut

Hal utama yang perlu ditentukan tentunya adalah dimana anda ingin meletakkan akuarium tersebut. Dimana anda harus mempertimbangkan dengan beberapa kondisi seperti:
1. Air laut itu dapat membuat oksidasi pada logam,
2. Apabila suhu di kota tempat anda hidup kurang mendukung maka perlunya pendingin agar suhu stabil dalam krtieria yang ditetapkan dimana pendingin tersebut ada dua macam yaitu chiller dan fan , dimana chiller merupakan pilihan yang baik karena alat ini pada umumnya dapat menurunkan suhu lebih besar dan lebih stabil dibanding kipas, alat ini juga dapat mengatur suhu aquarium kita atas keinginan kita. Chiller pun patut untuk digunakan atau harus ada apa bila suhu dilingkungan kurang mendukung, akan tetapi alat ini tergolong cukup mahal dimana beberapa hobiis tidak dapat menjangkau alat tersebut. Sedangkan apabila menggunakan fan harganya tergolong jauh lebih murah akan tetapi penurunan suhu akuarium tersebut sangat terbatas dan tidak dapat diatur atas keinginan kita, penurunan suhunya pun sangat berpengaruh juga terhadap suhu dan kondisi lingkungan di ruang tersebut. sebaiknya apabila anda menginginkan penurunan yang lebih tinggi maka anda perlu menempatkan akuarium tersebut pada ruangan yang lebih dingin atau banyak dilalui angin.Dimana hal tersebut layak untuk dicoba/diterapkan pada aquarium yang ingin menurunkan suhu menggunakan kipas lebih efektif.
3. Pengaruh zat kimia yang dapat tidak sengaja masuk ke akuarium
4. Kemudahan untuk di maintenance
5. Tempat yang ideal dan membuat pemandangan yang mudah di nikmati
6. bersambung...

Anda pun perlu mempertimbangkan apakah hobi ini layak untuk di terapkan pada tagihan listrik anda... karena tentunya tagihan listrik anda pun akan ikut bertambah(yang saya maksud disini hobi ini menggunakan listrik yang cukup besar)

 Budget seta waktu juga sangat perlu dipertimbangkan, dikarenakan hobi ini dapat dikatakan adalah hobi yang cukup boros(yang saya maksud memerlukan maintenance). Selanjutnya anda dapat menentukan besar akuarium yang ingin anda miliki, tentunya dengan ikut memilih tipe akuarium laut yang ingin anda miliki.

Juga perlu diketahui bahwa ketika membuat sebuah akuarium laut maka secara tidak langsung anda akan mendapatkan sebuah pengalaman berharga ,dimana anda akan mendapatkan beberapa masalah mengenainya, agar anda tidak melakukan pengalaman yang merugikan maka anda tentu perlu untuk mengerti dan mengetahui beberapa pengalaman dari beberapa orang yang sudah berpengalaman sehinga anda tidak akan mendapat pengalaman yang buruk sampai2 menyerah just joking :P
Hal dasar yang perlu diketahui dalam memulai reef tank:
1. Tipe Reef Tank
2. Lighting
3. Filtrasi
4. Salinitas
5. Suhu
6. Kimia air (alkalinitas/calcium, ph)
7. Tes kit
8. Penggantian air
9. Pemilihan ikan untuk reef tank

selain itu diperlukan juga Waktu, Kemauan, Ketelitian dan Kesabaran untuk mengurusnya, bagaikan manusia sendiri.

Bersambung...

1 komentar: